Wednesday, October 31, 2012

PUBLIC RELATION AS A CAREER



CONSIDERING PUBLIC RELATION AS A CAREER

Pendahuluan :

Pada awalnya banyak praktisi Public Relation yang memiliki latar belakang jurnalistik.



Hal ini disebabkan oleh seorang Public Relation yang handal dituntut untuk memiliki skill menulis yang tajam.

PR atau Public Relation adalah bisnis yang bernilai besar dan salah satu industry yang berkembang dengan sangat pesat.

Dewasa ini, para professional Public Relation sudah berdiri sejajar dengan professional-profesional dari profesi lainnya dari segi pendapatan. 

Public Relation juga sudah menjelma menjadi bagian dari dunia pendidikan, dimana Public Relation termasuk dari kurikulum yang banyak diterapkan di universitas, sekolah tinggi, dan institusi pendidikan lainnya.

Public Relation adalah proses yang telah direncanakan untuk mempengaruhi opini public, melalui suara, karakter, dan simbol-simbol yang digunakan berdasarkan kepentingan orang banyak.

Opini Publik sangatlah kuat, hal ini disebabkan oleh dukungan dari kekuatan media massas yang semakin maju hari demi hari. 

Bentuk-bentuk penerapan Public Relation antara lain seperti:

·         Crisis Management
·         Fund Raising
·         Employees Management
·         Meet Relations
·         Marketing
·         Event Management
·         Lobbying
·         Investor Relations




Hal-hal yang perlu dipertanyakan kepada diri anda sendiri ketika anda ingin berkarir di dunia Public Relation:


  1. ·         Apakah anda memiliki ketertarikan/kepekaan terhadap apa yang sedang terjadi di  sekitar anda?
  2. ·         Apakah anda memiliki skill komunikasi yang baik?
  3. ·         Dapatkah anda mengatasi tekanan dalam pekerjaan?

·          

Skill dan unsur-unsur yang dapat menunjang anda dalam berkarir di dunia Public Relation:


1.       Memiliki skill komunikasi yang baik verbal dan non-verbal.
2.       Kemampuan untuk melakukan banyak tugas dan menejemen waktu yang efektif.
3.       Mampu mengorganisasi dan merencanakan sesuatu.
4.       Memiliki ketertarikan dari segala bentuk media.
    
Skill dan kualitas pekerjaan di dalam dunia Public Relation :
  • ·         Menganalisa apa yang dibutuhkan oleh manejemen.
  • ·         Membimbing manajemen.
  • ·         Mengidetifikasi penyebab masalah, menganalisa tren di masa depan, dan memprediksi konsekuensinya.
  • ·         Melakukan riset opini public,perilaku, ekspektasi mereka, dan saran dari mereka untuk melakukan aksi/langkah yang dibutuhkan.
  • ·         Merencanakan, mengkordinasi, dan mengkaji ulang tugas-tugas.
  • ·         Monitoring dan follow up.
  • ·         Menentukan target dan tujuan.
  • ·         Memotivasi dan mempengaruhi orang lain.
  • ·         Berkomunikasi secara efektif dengan individu lain baik ketika eeting maupun ketika sedang melakukan presentasi.
  • ·         Menulis dan meng edit laporan atau press release.
  • ·         Bekerja secara efektif dengan jurnalis.
  • ·         Mengidentifikasi isu social yang mempengaruhi organisasi dan mencari solusinya.
  • ·         Mampu bekerja sama dengan orang lain.
  • ·         Memiliki kemampuan untuk mengendalikan financial.

 Diposting oleh : Ebel Darmawan


No comments:

Post a Comment